Tips Memilih Suku Cadang Otomotif yang Tepat dan Berkualitas

Tips Memilih Suku Cadang Otomotif yang Tepat dan Berkualitas

Memilih suku cadang untuk otomotif tidak semudah yang kita pikirkan, terlebih dengan banyaknya variasi yang bisa kita temukan. Pemakaian motor atau mobil membuat suku cadang lama kelamaan akan mengalami using, sehingga diperlukan perawatan berkala agar tidak terjadi masalah pada kendaraan Anda. Tersedianya suku cadang yang beragam di pasaran membuat kita harus lebih selektif dalam memilihnya. Kita harus memastikan bahwa suku cadang tersebut asli.

Memilih Suku Cadang Otomotif

Meskipun setiap suku cadang memiliki karakteristik yang berbeda, tapi biasannya umur suku cadang terbilang pendek atau masa pergantian yang cepat (fast moving sparepart). Suku cadang yang seperti ini antara lain saringan bensin, saringan oli, busi, dan lainnya. Di pasaran, kita akan menjumpai tiga kelas suku cadang dengan harga dan kualitas yang berbeda.

Tingkatan pertama adalah suku cadang original dimana kualitas yang dimiliki tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda memilih suku cadang ini, maka Anda harus menyiapkan dana yang sedikit lebih banyak dari tingkatan di bawahnya.

Berbeda dengan tingkatan kedua dimana suku cadang merupakan buatan dari Jepang. Kualitasnya bisa terbilang cukup bagus dan harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan suku cadang di tinngkatan pertama. Banyak praktisi otomotif yang memilih tingkatan kedua, tapi pemasoknya merupakan pemasok original. Hanya saja mereknya berbeda.

Tingkatan yang paling bawah adalah suku cadang lokal. Komponen yang digunakan merupakan produk asli dalam negeri yang ditawarkan dengan harga murah. Tapi, kualitasnya juga menyesuaikan dengan harga yang diberikan. Bagi beberapa orang mungkin cukup sulit membedakan jenis suku cadang tersebut. Jadi banyak di antara mereka yang menjadi korban produk palsu yang sering beredar di pasaran.

Mempercayakan Suku Cadang pada Toko Resmi

Toko resmi onderdil kendaraan bisa kita temukan dengan mudah karena memang di setiap kota tersedia beberapa toko resmi. Jika Anda ingin terhindar dari produk palsu, maka Anda harus memilih suku cadang ini pada toko resminya.

Sebenarnya, kita juga tidak tahu dan tidak bisa menjamin 100 persen akan terhindar dari produk kepalsuan, tapi paling tidak kita bisa megajukan keluhan ke toko tersebt karena kita memiliki Undang-Undang Konsumen yang harus diperhatikan oleh setiap produsen atau toko. Jadi, bisa dibilang jika kita memiliki jaminan untuk mendapatkan produk asli dan berkualitas.

Mengenali Ciri-Ciri Suku Cadang Asli, Palsu beserta Jenisnya

Pasalnya, dengan memperhatikan kemasan suku cadang, kita sudah bisa membedakan antara suku cadang yang asli dengan suku cadang yang palsu. Suku cadang asli biasanya memiliki stiker hologram yang dilabelkan pada kemasan, sementara untuk suku cadang palsu tidak dilabeli. Ada juga pada bagian lengkungan atau sudut suku cadang palsu yang terlihat lebih kasar. Berbeda dengan suku cadang asli yang kondisinya sangat mulus.

Pada bagian lain yang bisa menjadi indikasi produk asli dan palsu adalah bagian velg-nya. Untuk suku cadang asli, velg terasa lebih ringan dibandingkan velg suku cadang lokal.

Memastikan Garansi Suku Cadang

Memilih suku cadang sebenarnya tidak bisa menjauhkan kita dari produk-produk lokal atau justru produk palsu. Oleh karena itu, penting untuk memiliki garansi pada setiap suku cadang yang kita beli. Garansi ini memberikan kita jaminan jadi jika terjadi masalah pada produk tersebut, kita bisa memperbaikinnya atau menggantinnya dengan produk yang berkualita. Jadi, kecil kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan barang palsu.

Mengingat pentingnya peran suku cadang dalam kinerja kendaraan, maka kita harus bisa memilih suku cadang dengan tepat, berkualitas dan aman.