Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak Yang Harus Anda Ketahui

Banyak orang sering mendengar mesin 2-tak dan 4-tak, tetapi sangat sedikit yang mengetahui perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Pada dasarnya, keduanya merupakan mesin kendaraan bertipe internal combution engine. Mesin merupakan tempat berlangsungnya pembakaran bahan bakar sehingga menghasilkan energi yang menyebabkan kendaraan dapat berjalan. Baik mesin 2-tak maupun 4-tak menggunakan bahan bakar yang sama, bensin.

Perbedaan Mesin 2 Tak dengan 4 Tak

Sebelum membahas lebih dalam tentang perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak, terlebih dahu kita membahas perbedaan pengertian diantara keduanya. Mesin 2-tak merupakan tipe mesin yang proses pembakaranya dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua langkah piston. Karena siklus kerjanya yang singkat (hanya 2 tahap saja), maka mesin ini cenderung cepat dalam melakukan pembakaran bahan bakar.

Berbeda dengan mesin 2-tak, mesin 4-tak / four stroke engine merupakan tipe mesin yang melalui empat langkah gerakan piston dalam membakar bahan bakar dan menghasilkan ledakan energi penggerak mesin. Karena siklus gerakan piston dalam membakar bahan bakar dan menghasilkan energi yang lebih panjang dibandingkan mesin jenis 2-tak, mesin 4-tak lebih lambat dalam menghasilkan energi dorong kendaraan.

Prinsip Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Sebenarnya, inti perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak terletak pada prinsip kerjanya dalam melakukan pembakaran bahan bakar. Berikut ini penjelasan mengenai prinsip kerja mesin 2 tak dan mesin 4 tak yang membuatnya berbeda.

  1. Mesin 2-tak

Pertama, gerakan piston akan menarik bensin masuk ke dalam silinder mesin. Di sana, bensin akan tercampur dengan udara dan oli. Setelah itu, masuk tahapan berikutnya yaitu tahapan pembakaran yang kemudian langsung dibuang. Campuran bensin, udara dan oli mendapatkan tekanan sehingga terjadi ledakan. Output pada ledakan tersebut langsung terbuang ke knalpot setelah posisi piston melewati lubang saluran yang menuju ke knalpot.

  1. Mesin 4-tak

4 langkah pada proses 4 Stroke ini adalah langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah pembuangan. Langkah kompresi dan langkah tenaga merupakan 2 langkah yang menjadi perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Langkah hisap merupakan proses memasukan bahan bakar ke dalam silinder mesin.  Di dalam silinder, bensin dicampurkan dengan udara serta pelumas atau oli.

Langkah kedua adalah langkah kompresi. Langkah kompresi berfungsi untuk meningkatkan suhu sehingga percampuran bensin, udara, dan pelumas bisa bersenyawa. Setelah percampuran berlangsung, langkah tenaga dimulai. Langkah tenaga adalah langkah dimana terjadi ledakan bahan bakar yang telah bercampur dengan udara dan oli serta mendapatkan teana temperatur yang tinggi sehingga menghasilkan energi.

Selain menghasilkan energi yang dapat membuat kendaraan bermotor berjalan, tahapan energi juga menghasilkan asap sisa pembakaran bahan bakar. Asap ini merupakan residu pembakaran. Sebagaimana mestinya, residu merupakan hal yang tidak tidak diperlukan sehingga di buang melalui knalpot pada langkah buang atau langkah yang terahir. Karena adanya langkah kompresi dan energi yang menjadi perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak, output asap mesin 4-tak menjadi lebih jernih.

 

Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2-tak dan 4-tak

Di bandingkan mesin 4-tak, mesin 2-tak lebih bertenaga karena siklus pembakaran yang lebih cepat. Namun, hal tersebut juga mengakibatkan mesin 2-tak menjadi lebih boros dibandingkan mesin 4-tak karena pembakaran tidak efektif sehingga lebih banyak bensin dan oli yang dibakar dalam waktu yang bersamaan dibandingkan mesin 4-tak. Selainnya, akibatnya asap pembuangan mesin 2-tak juga lebih kotor.

Siklus pembakaran mesin 2-tak yang lebih singkat dibandingkan mesin 4-tak juga mengakibatkan usia mesin 2-tak cenderung lebih pendek dibandingkan mesin 4-tak. Itulah perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak serta kelebihan dan kelemahanya masing-masing.