Perawatan Mobil Diesel untuk Menjaga Performa Mesin

Perawatan Mobil Diesel untuk Menjaga Performa Mesin

Untuk mereka yang memiliki mobil dengan mesin diesel tentu saja penting untuk memahami tentang bagaimana perawatan mobil diesel. Bagi mereka yang belum banyak tahu, menganggap perawatan yang perlu dilakukan lebih rumit dibanding mobil berbahan bakar bensin. Secara biaya pun sering dianggap sangat mahal. Padahal tidak selalu seperti itu, apalagi jika sudah paham seluk beluknya secara mendalam.

Pemakaian Diesel dengan Benar

Seperti halnya merawat mesin jenis lainnya, penggunaan juga harus diperhatikan benar supaya performa mesin diesel tetap terjaga. Sayangnya hal ini malah yang sering diabaikan oleh para pemilik mobil, karena menganggapnya poin-poin yang sederhana. Padahal ini juga poin penting untuk perawatan mobil diesel yang wajib untuk dilakukan. Meskipun sering diservis dan perawatan di bengkel tapi jika penggunaannya seenaknya, mobil juga bisa rusak.

Hal pertama yang tidak bisa diabaikan adalah pemanasan mesin sebelum digunakan. Jangan hanya karena terburu-buru lalu mengabaikannya. Jika hal ini sudah sering disepelekan jangan menyesal jika kemudian mesin rusak. Waktu yang diperlukan juga lebih lama dari mobil bensin karena tidak dilengkapi dengan busi. Selain itu juga perlu diperhatikan jenis bahan bakarnya. Pastikan jenisnya benar, karena bahan bakar mobil diesel sekarang dengan keluaran lama berbeda.

Bedakan dengan Mobil Bensin

Hal ini juga masih sering menjadi kesalahan banyak orang tentang perawatan mobil diesel. Mereka menganggap bahwa perawatannya bisa disamakan dengan mobil bensin, padahal kondisinya sudah berbeda. Dalam hal mematikan mesin saja tidak bisa disamakan. Jika pada mobil bensin Anda bisa mematikan langsung mesin sesaat setelah berhenti, berbeda dengan diesel. Anda setidaknya perlu menunggu sekitar 5 menit setelah berhenti baru kemudian mematikannya.

Perbedaan itu juga perlu diperhatikan untuk penggunaan oli. Karena oli tidak hanya mendinginkan mesin, tapi melumasi dan melindunginya ketika digunakan. Sehingga jangan hanya karena harganya lebih murah Anda justru mengorbankan mesin diesel Anda. Jika sampai mesin rusak, biaya yang perlu Anda keluarkan justru lebih besar daripada selisih harga oli tersebut. Sehingga jangan segan untuk menggunakan oli berkualitas untuk perawatan mobil diesel Anda.

Rutin Mengganti Filter

Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan oleh para pemilik mobil diesel adalah mengganti filter di saat yang tepat. Salah satunya yang perlu diganti secara rutin adalah filter bahan bakar, terutama jika menggunakan bahan bakar jenis solar. Karena solar juga mengandung air, yang kemudian membuat filter semakin penuh ketika lama tidak diganti. Jika kemudian dibiarkan air sampai masuk ke tempat bahan bakar, hal itu bisa mengganggu proses pembakaran.

Selain filter bahan bakar, yang juga perlu diganti adalah filter udara. Yakni filter yang menyaring udara supaya kemudian kotoran tidak ikut masuk. Namun ketika hal ini sangat jarang dibersihkan dan kotoran sudah menumpuk pada bagian filternya, hal itu justru akan mengganggu kinerja mesin. Karenanya hal ini penting diperhatikan juga dalam perawatan mobil diesel. Agar kotoran pada filter tidak ikut masuk ke dalam tempat penyimpanan bahan bakar.

Selain mengganti filter juga penting untuk membersihkan injektor secara rutin. Untuk pembersihan ini lebih baik menggunakan jasa bengkel. Dengan pembersihan rutin, performa mesin akan tetap terjaga dan penggunaan bahan bakar pun bisa lebih hemat. Biasanya akan disemprotkan cairan khusus pada saluran bahan bakar oleh montir supaya kotorannya bisa luruh. Prinsipnya jangan sepelekan hal-hal kecil karena itu juga penting dalam perawatan mobil diesel Anda.