Mesin Genset Bermasalah? Simaklah Tips Perbaikan Mesin Genset sesuai Masalahnya

Mesin Genset Bermasalah? Simaklah Tips Perbaikan Mesin Genset sesuai Masalahnya

Perbaikan mesin genset sangat bermanfaat untuk mengembalikan fungsinya agar bisa digunakan seperti biasa. Genset merupakan salah satu alat yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari kita dalam hal penghematan energi listrik. Genset bisa digunakan sebagai sumber listri dengan bahan bakar berupa solar ataupun bensin.

Fungsi Mesin Genset

Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan program penghematan energi dimana Anda dapat berpartisipasi dengan menggunakan genset sebagai sumber listrik beberapa jam dalam sehari. Dalam penggunaannya, kita harus memperhatikannya dengan baik dan memastikan melakukan perawatan dengan tepat. Jika tidak, bisa jadi genset kita akan bermasalah dan akhirnya kita harus melakukan perbaikan mesin genset.

Mesin ini biasanya digunakan di berbagai gedung, mall atau tempat lain dimana aktivitas di dalamnya tidak bisa dilakukan ketika listrik padam. Dengan adanya genset ini, maka pemadaman listrik tidak akan berpengaruh terhadap aktivitas orang-orang yang ada di dalamnya. Jadi, kita bisa lebih tenang.

Cara Mengatasi Genset yang Tiba-Tiba Mati saat Dinyalakan

Masalah ini sering terjadi pada mesin genset dan cara mengatasinya tidaklah sulit. Biasanya, masalah ini terjadi karena terdapat air di bagian tangki bahan bakar genser. Anda haya perlu membuang air yang ada di bagian tangki dan seluruh bagian saluran bahan bakar pada bagian mesin genset.

Kemudian, periksa, apakah terjadi penyumbatan atau tidak pada bagian lubang ventilasi genset. Apabila terjadi penyumbatan, maka Anda harus segera membersihkan bagian tersebut, karena hal itu bisa jadi sumber masalah pada mesin genset Anda.

Masalah lainnya yang mungkin terjadi pada saringan bahan bakar. Untuk itu, perbaikan mesin genset yang bisa dilakukan adalah memeriksa bagian tersebut guna memastikan apakah terjadi penyumbatan atau tidak. Apabila terdapat penyumbatan, Anda sebaiknya segera membersihkan genset agar dapat berfungsi dengan baik.

Apabila mesin genset Anda sering mengalami kondisi seperti ini, maka Anda harus lebih memperhatikan sirkulasi udara pada tempat dimana genset dinyalakan atau dihidupkan. Hal ini penting dilakukan, karena masalah pada bagian sirkulasi udara dapat memengaruhi proses pembuangan uap panas yang dikeluarkan cerobong genset.

Jika tempat yang dipilih tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, uap panas tidak bisa terbuang bebas, melainkan semakin membuat panas genset. Jadi, Anda harus memastikan bahwa udara telah terbuang secara optimal agar tidak mengganggu kinerja mesin genset.

Cara Mengatasi Mesin Genset yang Tidak Dapat Di Strater

Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada mesin genset yang sudah lama. Apabila genset Anda mengalami masalah tersebut, Anda perlu melakukan perbaikan mesin genset dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Lakukan pengecekan pada aki genset, apakah sudah terisi ulang atau perlu adanya penggantian aki. Jika memang dibutuhkan, Anda harus mengisi ulang aki aga bisa digunakan lagi.
  2. Pastikan, apakah bagian kabel udah tersambung dengan baik atau justru mengalami putus. Jika kondisi mesin genset yang tidak bisa distarter karena hal ini maka Anda harus menyambungkan kabelnya kembal. Anda harus melakukan pengecekan secara berkala agar fungsi genset bisa lebih maksimal.
  3. Jika masalah terjadi karena kondisi motor starter yang sudah rusak, maka Anda perlu membawanya ke bengkel untuk menggantinya motor starter yang lama dengan yang baru. Jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu.
  4. Lakukan pemanasan minimal sekali seminggu agar mesin genset dapat berfungsi secara optimal.
  5. Jika memang diperlukan untuk menarik tuasnya, maka Anda bisa mencoba melakukannya berkali-kali.

Masalah lain mungkin saja terjadi pada mesin genset Anda. Jadi, sebelum melakukan perbaikan mesin genset, Anda harus mengetahui sumber masalahnya terlebih dahulu.