Kenali Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading Sebelum Membelinya

Kenali Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading Sebelum Membelinya

Selain dari segi tampilan, terdapat beberapa perbedaan mesin cuci front loading dan top loading. Mesin cuci front loading merupakan jenis mesin cuci yang pintu / bukaan tempat memasukan cucian berada di bagian depan mesin cuci. Sedangkan mesin cuci top loading merupakan mesin cuci yang pintu / bukaan tempat memasukan cucian berada di bagian atas mesin cuci.

Ternyata perbedaan desain letak mesin cuci tersebut bukan hanya berpengaruh terhadap tampilan saja. Perbedaan mesin cuci jenis front loading dan top loading dari segi letak pintu juga menyebabkan masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, serta karakteristik yang berbeda. Berikut perbedaan jenis mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading, serta kelebihan dan kelemahanya masing-masing.

 

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Cuci Top Loading

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mesin cuci top loading, memiliki pintu di bagian atas. Karena posisinya itu, anda tidak perlu membungkuk untuk meletakan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Posisi baju juga berada di bawah pintu, memungkinkan anda menambahkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci meskipun proses pencucian sudah dimulai karena tidak akan mempengaruhi kondisi air di mesin cuci.

Karena posisi pintu berada di atas dan rotor mesin cuci berada di bagian bawah, cara kerja mesin cuci top loading adalah dengan memanfaatkan putaran mesin secara horizontal. Cara keja ini menjadi perbedaan mesin cuci top loading dibandingkan front loading. Proses kerja tersebut ternyata menyebabkan minim getaran ketika proses pencucian.

Namun karena posisi baju yang direndam saat pencucian, mesin cuci ini membutuhkan lebih banyak air. Selain itu, posisi rotor yang memutar secara horizontal juga membuat kinerja mesin cuci semakin menurun ketika jumlah pakaian yang di cuci semakin banyak. Pakaian juga menjadi lebih kusut karena di putar secara horizontal. Bahkan, pakaian dengan bahan tertentu bisa menjadi mulur / merusak kancing.

 

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Cuci Front Loading

Karena posisi pintu mesin cuci front loading yang berada di depan, cara kerja mesin cuci jenis ini adalah dengan memutar baju secara vertikal yang menjadi perbedaan mesin cuci front loading dibandingkan top loading. Efeknya, pakaian menjadi lebih bersih karena seperti membanting-banting pakaian. kebutuhan air untuk mencuci juga lebih sedikit. Selain itu, resiko kerusakan baju mulur / kancing lepas juga menjadi lebih rendah.

Karena posisi pintu berada di bagian depan dan sejajar dengan baju cucian, maka pintu akan terkunci selama proses pencucian. Sehingga anda tidak bisa menambah pakaian kotor, ketika proses cuci sudah berjalan. Bila mati listrik, anda juga harus menunggu hingga listrik nyala kembali untuk mengambil cucian anda. Untuk mengambil / memasukan pakaian, anda harus jongkok.

 

Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading Dari Segi Penggunaan

Dari segi penggunaan, mesin cuci top load yang memiliki pintu di bagian atas cenderung lebih banyak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Hal tersebut karena mesin cuci jenis top load memiliki harga yang cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan mesin cuci jenis front load. Namun tidak dipungkiri juga ada ibu rumah tangga yang juga menggunakan mesin cuci jenis front load, walaupun minoritas.

Berbeda dengan jenis top load, mesin cuci jenis front load cenderung lebih banyak digunakan oleh tempat-tempat laundry. Walaupun harganya lebih mahal, namun mesin cuci front laundry lebih hemat air, detergen, listrik, serta hemat tempat karena drum pencuci dan pengering menjadi satu. Itulah beberapa perbedaan mesin cuci front loading dan top loading.