Kenali Jenis Mesin Jahit yang Populer di Tengah Masyarakat

Kenali Jenis Mesin Jahit yang Populer di Tengah Masyarakat

Jenis mesin jahit cukup bervariasi dengan berbagai fungsi yang berbeda-beda. Mesin jahit merupakan salah satu alat utama yang dibutuhkan oleh para penjahit untuk melakukan pekerjaannya. Untuk menghasilkan jahitan yang rapi dan berkualitas, tentu saja bukan keterampilan menjahit yang diperlukan, tetapi juga peralatan yang berkualitas pula. Memiliki peralatan jahit yang unggul menjadi modal terbaik untuk membuka usaha di bidang konveksi.

Pahami Kegunaan Mesin Jahit

Mesin jahit digunakan untuk menggabungkan bahan atau kain menjadi suatu produk, seperti pakaian, dompet, selimut, tas dan lain sebagainya. Dengan mesin jahit, kita bisa memproduksi produk-produk tersebut dengan lebih cepat dan rapi. Oleh karena itu, mesin jahit menjadi syarat utama ketika Anda ingin jadi penjahit professional. Sehingga Anda harus bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Beragam jenis mesin jahit akan Anda temukan berdasarkan fungsinya. Sebelum Anda menentukan mesin jahit, Anda harus memastikan bahwa mesin jahit berada dalam kondisi yang prima dan bisa digunakan menghasilkan produk yang berkualitas.

Jenis Mesin Jahit Beserta Fungsinya

Sebagai penjahit profesional, maka kita harus memiliki mesin jahit yang memang dibutuhkan untuk membuat suatu produk fashion. Cara pemakaian yang berbeda membuat kita juga harus mempelajarinya dengan baik. Berikut ada beberapa jenis mesin jahit yang bisa Anda pilih sebagai perlengkapan sebagai penjahit, yaitu:

  1. Mesin jahit klasik yang menggunakan tenaga tangan untuk memutarkan roda guna menghidupkan mesin untuk menjahit.
  2. Mesin lubang kancing ini sering digunakan dalam pembuatan kemeja dan celana untuk membuat lubang kancing.
  3. Mesin jahit obras yang berguna untuk merapikan jahitan bagian ujung dan menguncinya agar jahitan atau serat kain tidak terlepas.
  4. Mesin neci berguna untuk menjahit kelim pada bagian tepi yang sering digunakan dalam pembuatan tepi jilbab.
  5. Mesin jahit high speed merupakan mesin canggih untuk menjahit agar lebih mudah dan cepat, bahkan disertai langsung oleh pemotong benang dan mengunci jahitan.
  6. Mesin jahit automatic ini sudah mengaplikasikan sistem digital atau sistem komputer berkecepatan tinggi yang bisa diatur sesuai kebutuhan.
  7. Mesin jahit jarum dua rantai ini akan menghasilkan dua baris jahitan biasa dan dekoratif yang sering digunakan dalam pembuatan bed cover, material kulit, pakaian dalam dan lainnya.
  8. Mesin jahit overdeck memiliki bunyi yang tidak keras, bahkan dapat meredam kebisingan saat proses menjahit.
  9. Mesin jahit overlock ini sering digunakan untuk menjahit tepian dan hasilnya hampir sama dengan hasil obras, akan tetapi hasil ini lebih rapi dan halus.
  10. Mesin jahit zig-zag lebih sering digunakan industri dalam skala besar dengan menyambung dua bahan.
  11. Mesin jahit bordir dapat membuat bordiran atau seperti menyulam tanpa menggunakan tangan. Sulaman benang yang dekoratif dapat membuat penampilan terasa lebih percaya diri.

Tentukan Mesin Jahit Sesuai Kebutuhan

Setiap jenis mesin jahit memiliki kemampuan tersendiri dalam membuat suatu produk fashion. Anda harus mempertimbangkan pemakaian dan fungsi dari mesin jahit tersebut agar nantinya, konveksi yang Anda bangun bisa memenuhi permintaan dari konsumen. Semakin lengkap peralatan mesin jahit, maka konveksi Anda akan mendapatkan banyak permintaan karena bisa memberikan pelayanan secara maksimal.

Sudah menentukan mesin jahit yang hendak dibeli? Inilah saatnya Anda mencari distributor mesin berpengalaman dan profesional yang menawarkan berbagai jenis mesin jahit berkualitas.